Awas, Salah Buka Netflix dkk Ada Bahaya Mengancam!

netflix-blockJakarta‘Ah, paling situsnya nggak kebuka,’ mungkin yang ada di benak orang-orang ketika melakukan typo atau salah ketik di address bar browser saat memasukkan alamat situs.

Namun ternyata ada bahaya yang mengancam saat mengunjungi situs-situs yang salah alamat itu, yaitu terjangkit malware. Endgame, sebuah perusahaan peneliti keamanan baru-baru ini menemukan ratusan situs ‘populer’ yang menyimpan malware.

Yang dimaksud situs populer ini adalah situs terkenal namun dengan domain yang berbeda. Misalnya netflix.com menjadi netflix.om. Domain tersebut didaftarkan di Oman, yang memang mempunyai domain .om.

Saat diakses, situs populer yang salah alamat itu melempar-lempar korbannya ke sejumlah situs lain sebelum akhirnya menawarkan pembaruan Adobe Flash. Jika si korban mengklik tombol update, si malware akan terunduh dan terinstal di laptopnya.

Malware bernama Genieo ini disebut tak berbahaya, karena hanya berupa extension adware yang ditambahkan ke browser seperti Firefox dan Chrome. Adware adalah malware yang menampilkan iklan-iklan di browser korbannya.

Genieo tak akan terinstal jika si korban tak mengklik tombol update. Dan, malware ini hanya menjangkiti komputer dengan sistem operasi OS X besutan Apple, demikian dikutip detikINET dari Gizmodo, Kamis (17/3/2016). (asj/rou)

Sumber: DetikInet

Facebook Comments

You May Also Like